JellyPages.com

Selasa, 22 Desember 2015

Istana Maimun

Istana Maimun Medan dalah sebuah warisan peninggalan dari Kesultanan Deli di tanah Sumatera. Bangunan istana ini juga merupakan ikon wisata Kota Medan sekaligus ikon kota metropolitan terbesar ke-3 di Indonesia. Hingga saat ini, Istana Maimun masih dianggap sebagai istana termegah dan tercantik yang pernah dibangun serta masih dapat dilihat di Indonesia.


Istana Maimun Medan terletak di Jalan Brigadir Katamso, Kelurahan Sukaraja, Medan. Sekilas tinjauan tentang sejarah Kesultanan Deli, pada awalnya pusat kerajaan berada di Labuhan Deli. Pada waktu itu, Deli memiliki hasil perkebunan tembakau yang diakui oleh dunia. Tembakau Deli di ekspor hingga ke Eropa. Karena ekspor ini, Kesultanan Deli mengalami kemajuan pesat. 
Puncaknya, kejayaan ekonomi Kesultanan Deli membawa Sultan Ma’moen Al-Rasyid Perkasa Alamsyah memindahkan ibukota kerajaan ke Medan. Di kota inilah istana yang kemudian hari dikenal dengan Istana Maimun tersebut dibangun. Istana ini didesain oleh seorang Belanda bernama TH. Van ETP. Kala itu, fungsi istana lebih dari sekedar sebagai pusat pemerintahan kerajaan, juga merupakan pusat budaya serta adat melayu hingga pusat dakwah agama Islam.
Di tempat wisata Medan yang satu ini, Anda dapat menyaksikan ragam koleksi yang dimiliki istana di masa lampaunya. Beberapa di antaranya adalah koleksi foto sultan, singgasana sultan, hingga sejarah Kerajaan Deli. Secara arsitektural, bangunan Istana Maimun didominasi warna kuning yang merupakan warna khas Melayu. Untuk dapat masuk ke Istana Maimun ini, Anda harus membayar tiket masuk sebesar Rp 8.000/orang. Istana ini buka mulai dari pukul 8.00-17.00 WIB.
                                
                                
                               
Rute Perjalanan Menuju Istana Maimun
Dari Bandara Udara Internasional Kualanamu, Anda harus menempuh perjalanan sejauh sekitar 40 km untuk dapat tiba di pusat kota Medan. Tetapi jika Anda dari pelabuhan Belawan, jarak Istana Maimun ini berkisar 28 km. Letak istana yang berada di pusat kota memudahkan Anda untuk dapat tiba di sana. Tersedia berbagai angkutan umum yang dapat mengantarkan Anda ke sana, mulai dari becak, angkot, hingga taksi.
Alamat Istana Maimun: Jl. Brigadir Jendral Katamso, Medan
Peta lokasiklik di sini
Koordinat GPS: 3.575243,98.683805

Tidak ada komentar:

Posting Komentar