JellyPages.com

Senin, 21 Desember 2015

Mie Gomak

Mie Gomak adalah makanan yang terkenal sebagai masakan khas daerah dari tanah Sumatera Utara, meliputi semua daerah Batak Toba, dan juga menjadi masakan khas di daerah seperti Sibolga dan Tapanuli. Di sebut gomak karena gomak merupakan bahasa Batak yang artinya dipegang. Jadi, artinya mie yang digomak-gomak atau diambil langsung pakai tangan. Mie Gomak juga sering disebut Spaghetti Batak karena mirip dengan spaghetti dari Itali dan ada juga yang menyebutnya mie lidi karena bentuknya yang mirip seperti lidi.

Mie Gomak biasanya dijumpai di warung, kedai atau pasar. Mie Gomak ini pun biasanya direbus terlebih dahulu sebelum dihidangkan. Ada berbagai macam untuk menyantap hidangan ini yaitu mie gomak kuah, mie gomak goreng dan juga mie gomak bumbu kacang.




Mie gomak rasanya kenyal-kenyal gurih, pedas dan asam yang berasal dari andaliman. Wangi dan aroma pedas andaliman menambah kenikmatan mie gomak. Bagi Anda yang mempunyai rencana untuk mampir ke Sumatera Utara, sangat tidak ada salahnya untuk mencoba masakan khas Batak ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar